Imunisasi Melindungi Anak Terhadap Penyakit

Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia dikejutkan dengan vaksin palsu. Namun hal ini jangan sampai membuat orang tua “kapok” imunisasi anak, karena imunisasi merupakan usaha untuk membuat tubuh seseorang menjadi kebal terhadap penyakit. Imunisasi digolongkan menjadi dua yaitu imunisasi pasif dan imunisasi aktif.

Imunisasi pasif yaitu kekebalan yang diberikan pada tubuh dalam bentuk zat-zat immunoglobulin atau antibodi. Sedangkan imunisasi aktif, dimana tubuh dirangsang untuk membentuk kekebalan terhadap suatu penyakit dengan memasukkan kuman yang sudah dilemahkan (vaksin), dengan harapan tubuh membentuk antibodi terhadap kuman. Sehingga istilah yang tepat digunakan untuk pemberian vaksin adalah vaksinasi.

Anak yang tidak mendapat vaksinasi, ia tidak mempunyai perlindungan terhadap penyakit. Sehingga apabila terinfeksi oleh kuman penyebab penyakit, ia dapat menderita sakit yang lebih berat dari anak yang sudah mendapat vaksinasi. Pemerintah dan IDAI menggalakkan orangtua untuk memberi vaksin pada anak agar ia mempunyai perlindungan terhadap penyakit. Pemberian vaksin terjadwal sesuai usia anak. Berikut jadwal imunisasi anak umur 0-18 tahun:

Lalu, apakah anak yang sedang sakit boleh divaksinasi? Menurut dr. Hani Purnamasari, SpA, salah satu dokter spesialis anak RSIA Kemang, anak yang sakit ringan seperti batuk dan pilek tanpa demam boleh diberikan vaksin. Namun, bila sakit berat atau demam sebaiknya ditunda dahulu sampai ia sembuh, karena dikhawatirkan menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

Ayo lakukan vaksinasi anak Anda di tempat atau rumah sakit yang memiliki vaksin resmi yang tercantum di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

 

dr. Hani Purnamasari, SpA

Dokter Spesialis Anak RSIA Kemang

Senin - Jum'at pukul 08.00 - 15.00 WIB

Sabtu pukul 16.00 - 20.00 WIB




Share this articles
 

Brosur

KMC Events

SEMINAR AWAM REHABILITASI MEDIK
POSTUR DAN KEHAMILAN "MENGATASI NYERI PINGGANG PADA IBU HAMIL" Yuk ketahui tips

KMC News

Diberitahukan bahwa Kelas Senam Hamil Rabu, 13 September 2017 LIBUR. Kelas...
Content

Information

+62 21 27 54 54 00
+62 21 27 54 54 54

Emergency

+62 21 788 388 68
+62 21 27 54 54 44