• Klinik IVF
  • Slide1
  • Slide3

Jangan Panik, Puting Terbenam Tetap Bisa Menyusui

Seringkali kita mendengar kalau puting datar (flat nipple) tidak bisa menyusui bayi. Namun sebenarnya apapun bentuk puting yang ibu miliki, bukan menjadi kendala bahwa ibu tidak bisa menyusui bayinya. Payudara dengan bentuk puting apapun tetap bisa untuk menyusui bayinya, asal ibu mengetahui dan mau mempelajari tekniknya.

Puting yang terbenam atau payudara yang kecil bukan menjadi penghalang ibu menyusui. “Apabila puting ibu terbenam, ibu tetap bisa menyusui karena bayi menyusu bukan di puting, tapi di areola. Ibu juga harus memposisikan bayinya dengan baik agar bayi bisa melekat di areola ibu. Ukuran payudara juga tidak menentukan produksi ASI ibu banyak atau sedikit. Besar payudara dikarenakan lemak payudara, sedangkan ASI diproduksi dari kelenjar susu yang letaknya di areola, jadi selama bayi menyusu nyaman tetap bisa menyusui.” ujar dr.Aini, salah satu Konselor Laktasi RSIA Kemang.

Bayi memang tidak selalu berhasil menghisap areola ibu. Ada salah satu penyulit misalnya tongue tie, yaitu selaput lidahnya pendek yang menyulitkan bayi tidak menjulurkan lidah ke areola yang mengakibatkan gusi bayi menggigit puting ibu. Pada akhirnya membuat puting ibu luka dan lecet atau malah payudaranya bengkak. Kondisi ini sangat mengganggu dan disarankan untuk di insisi tongue tie.

Jadi selama ibu menikmati sensasi menyusui dan tetap tenang ketika menyusui, halangan apapun dapat diatasi asalkan ibu tetap memiliki niat untuk menyusui. Ketahui dan pelajari tekniknya melalui Klinik Laktasi RSIA Kemang agar ibu sukses menyusui sampai 2 tahun! Salam semangat menyusui!

 

Klinik Laktasi RSIA Kemang

Senin – Sabtu, pukul 08.00-20.00 WIB

Minggu, pukul 09.00-12.00 WIB

 

VISI
Kemang Medical Care akan menjadi penyedia layanan kesehatan prima bagi wanita dan anak di Indonesia.

MISI
Kemang Medical Care akan memberikan layanan kesehatan yang holistik bagi wanita dan anak di Indonesia.

RSIA Kemang

Jl. Ampera Raya No.34

Jakarta Selatan 12550

Phone : (+6221) 27545454 / 27545400

Fax : (+6221) 78843548

Email : info@kemangmedicalcare.com

Print