Siapa sih yang gak suka dipijat? Pijat merupakan kegiatan yang menenangkan badan dan juga pikiran. Tidak hanya orang dewasa saja yang gemar dipijat, bayi pun senang dipijat. Dengan pijatan-pijatan lembut, bayi akan merasakan sentuhan kasih sayang yang akan membuatnya tenang dan dapat merangsang tumbuh kembangnya.

Pijatan untuk bayi yang sering dikenal dengan sebutan Baby Massage merupakan pemberian usapan, pijatan pada tubuh bayi mulai dari kepala hingga kaki dan disertai dengan gerakan pada persendian, terutama pada persendian alat gerak. Pemberian pijatan pada bayi bertujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi. Bentuk pemijatan untuk bayi disesuaikan dengan bagian tubuhnya, bisa berupa pijatan dengan tekanan yang ringan pada daerah yang jenis ototnya kecil, tipis dan lembut, bisa juga dengan pijatan yang dalam pada otot yang besar dan tebal.

Orangtua mana yang tidak khawatir apabila sang buah hati belum lancar berbicara bahkan belum bisa mengucapkan sepatah kata. Keterlambatan bicara dapat disebabkan gangguan pendengaran, gangguan pada otak, autisme, atau gangguan pada organ mulut yang menyebabkan anak sulit melafalkan kata-kata. Agar dapat mengetahui kapan seorang anak terlambat bicara, terlebih dahulu kita perlu mengenal tahapan perkembangan bicara normal pada anak:

Usia 0-6 bulan

Bayi hanya dapat menangis untuk menyatakan keinginannya. Pada usia 2-3 bulan, bayi mulai dapat membuat suara-suara seperti aah atau uuh yang dikenal dengan istilah cooing. Setelah usia 3 bulan, bayi akan mencari sumber suara yang didengarnya dan menyukai mainan yang mengeluarkan suara. Mendekati usia 6 bulan, bayi dapat berespons terhadap namanya sendiri dan mengenali emosi dalam nada bicara, yakni mengoceh dengan suku kata tunggal, misalnya papa, dada, baba, mama. Bayi juga mulai dapat mengatur nada bicaranya sesuai emosi yang dirasakannya, dengan ekspresi wajah yang sesuai.

Waspada bila: tidak menoleh jika dipanggil namanya dari belakang, tidak ada mengoceh.

Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia dikejutkan dengan vaksin palsu. Namun hal ini jangan sampai membuat orang tua “kapok” imunisasi anak, karena imunisasi merupakan usaha untuk membuat tubuh seseorang menjadi kebal terhadap penyakit. Imunisasi digolongkan menjadi dua yaitu imunisasi pasif dan imunisasi aktif.

Imunisasi pasif yaitu kekebalan yang diberikan pada tubuh dalam bentuk zat-zat immunoglobulin atau antibodi. Sedangkan imunisasi aktif, dimana tubuh dirangsang untuk membentuk kekebalan terhadap suatu penyakit dengan memasukkan kuman yang sudah dilemahkan (vaksin), dengan harapan tubuh membentuk antibodi terhadap kuman. Sehingga istilah yang tepat digunakan untuk pemberian vaksin adalah vaksinasi.

“Apalah arti sebuah nama?” adalah kalimat yang sering kita dengar dan sering dianggap sepele. Tapi tahukah ayah & bunda bahwa pemberian dan arti nama anak itu sangatlah penting. Dikatakan didalam hadits riwayat Baihaqi, bahwasanya “Kewajiban orangtua terhadap anak yaitu memberi nama yang baik, tempat tinggal yang baik, dan mengajarinya sopan santun.” (HR. Baihaqi)

Page 1 of 4

VISI
Kemang Medical Care akan menjadi penyedia layanan kesehatan prima bagi wanita dan anak di Indonesia.

MISI
Kemang Medical Care akan memberikan layanan kesehatan yang holistik bagi wanita dan anak di Indonesia.

RSIA Kemang

Jl. Ampera Raya No.34

Jakarta Selatan 12550

Phone : (+6221) 27545454 / 27545400

Fax : (+6221) 78843548

Email : info@kemangmedicalcare.com

Print