Apa sajakah yang disebut sebagai masalah pada kulit kepala?

      Sebenarnya masalah kulit kepala sangat banyak dan luas tapi beberapa yang paling sering terjadi, yaitu :

      1. Ketombe

            Memang terkadang didapatkan rontokan kulit kepala apabila kita menggunakan jenis shampo yang salah, namun terkadang permasalahan ketombe tidak sesederhana itu. Ketombe itu sebenarnya adalah bentuk ringan dari dermatitis seboroik, yaitu eksim yang terjadi pada bagian tubuh yang banyak sebumnya ato kelenjar minyaknya, biasanya pada bagian kulit kepala, tepi hidung, alis, belakang telinga, leher, dada atas dan punggung atas.

      2. Infeksi bakteri atau jamur dan infestasi kutu

Infeksi bakteri di kulit kepala bisa dalam berbagai bentuk, dari yang hanya luka lecet karena garukan dan tidak sembuh, benjolan kecil pada sekitar folikel rambut yang disebut dengan folikulitis hingga terbentuknya abses yang memerlukan obat dan penanganan yang lebih serius.

Begitu juga dengan kutu pada rambut, yang dulu sudah dikira tidak ada lagi, namun sekarang mulai lagi ditemukan kasus kutu pada rambut terutama pada anak anak. Kasus kutu rambut ini juga tidak terbatas pada orang dengan higiene yang buruk, namun juga bisa ditemukan pada kalangan menengah keatas.

      3. Permasalahan rambut

Permasalahan rambut ada beberapa macam, tapi yang tersering adalah adanya kerontokan rambut dan rambut sudah mulai berubah warna menjadi putih.

      4. Alergi pada kulit kepala

Reaksi alergi yang terjadi akibat produk perawatan rambut bisa menimbulkan keluhan pada kulit kepala

      5. Permasalahan kulit kepala yang lain

Permasalahan lain pada kulit kepala bisa berupa adanya tumor bawaan contohnya nevus atau tahi lalat jenis tertentu yang sudah ada sejak lahir dan biasanya tidak tumbuh rambut.

 

Bagaimana mengobati masalah masalah tersebut?

1. Permasalahan yang paling sering, yaitu ketombe bisa dari yang ringan berupa serpihan kulit kepala yang semakin kelihatan ketika menggunakan baju warna gelap hingga dermatitis seboroik yang tertutup sisik tebal berwarna kuning

Ketombe yang ringan bisa diatasi dengan shampo anti ketombe dengan berbagai zat aktif, dari zinc, selenium sulfid dll, namun apabila keluhan tidak segera hllang, sebaiknya segera konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar mendapatkan obat yang sesuai.

Pengobatan untuk ketombe yang berat atau bahkan sudah menjadi dermatitis seboroik diperlukan obat anti radang, anti jamur yang sesuai.

Dermatitis seboroik sendiri merupakan multifaktorial, dari yang memang ada bakat alergi di keluarga, aktivitas kelenjar yang berlebihan, lingkungan yang lembab, adanya jamur di kuli kepala, makanan pencetus, dan juga stres fisik atau psikis. Yang bisa dilakukan secara pribadi adalah dengan mengidentifikasi faktor pencetus apa yang menyebabkan terjadinya dermatitis seboroik tadi untuk kemudian bisa menghindarinya.

2. Permasalahan infeksi di rambut yang paling sering adalah infeksi bakteri dan jamur, yang kemudian bisa berujung pada kerontokan rambut. Untuk infeksi bakteri yang perlu diperhatikan adalah kebersihan kulit kepala karena sebenarnya bakteri juga tidak dengan mudah nempel kemudian masuk kedalam kulit atau folikel rambut sehingga menyebabkan infeksi. Pemilihan produk rambut dan kulit kepala juga bisa menjadi satu faktor penyebab timbulnya infeksi pada kulit kepala, misalnya penggunaan hair gel atau pomade yang terlalu berat akan menyebabkan timbulnya folikulitis atau infeksi pada folikel rambut.

Begitu juga dengan infeksi jamur, walaupun sebenarnya pada permukaan kulit sbnrnya ada flora normal kulit namun apabila tidak menjaga kebersihan akan menyebabkan overgrowth dari bakteri atau jamur tadi. Oleh karena itu kebersihan merupakan hal yang harus diperhatikan. Kulit kepala dan rambut yang lepek karena minyak akan menyebabkan jamur tertentu akan tumbuh subur dan memicu timbulnya dermatitis seboroik. Selain itu perlu diperhatikan juga kemungkinan tertularnya jamur dari binatang peliharaan khususnya kucing. Karena kulit kepala yg lembab akan memudahkan jamur dari hewan untuk dapat menempe dan tumbuh pada kulit kepala yang akan mengakibatkan kebotakan.

Satu masalah lagi adalah infestasi kutu rambut yang sekarang kasusnya mulai sering ditemukan kembali. Kutu ini sangat menular, terutama dari anak ke anak yang lain, melalui kontak langsung ataupun benda benda yang digunakan secara bersamaan, misalkan sisir, topi hingga hiasan rambut. Apabila ada anak yang mengalami infestasi kutu rambut, dia harus disembuhkan dulu sebelum bisa kembali ke sekolah

3. Permasalahan yang lain terkait dengan rambut adalah kerontokan rambut. Sebenarnya banyak hal yang bisa memicu kerontokan rambut, seperti yang sudah dibahas diatas, infeksi bakteri, jamur dan kutu juga bisa memicu kerontokan rambut, namun sbnrnya ada juga kerontokan rambut yang disebabkan oleh hormonal dan juga tidak diketahui penyebab pastinya. Kerontokan rambut ini namanya alopecia. Alopecia yang terjadi karena tingginya hormon androgen disebut sebagai alopecia androgenetik, dan memang ada hubungannya dengan genetik atau keturunan. Sedangkan alopecia yang tidak diketahui penyebabnya dan hanya mengenai daerah daerah tertentu pada kepala disebut alopecia areata. Alopecia areata ini bisa dimasukkan dalam kategori autoimun, yaitu penyakit yang disebabkan karena gangguan pada sistem kekebalan tubuh kita sendiri, dan paling sering dipicu oleh adanya stres baik fisik atau psikis.

Selain kerontokan rambut, masalah yang lain adalah proses rambut menjadi putih. Pada beberapa orang hal ini mengganggu penampilan. Faktor yang menyebabkan rambut putih juga banyak, karena faktor keturunan juga berperan. Yang pasti adalah semakin tua usia seseorang, sel penghasil warna akan semakin berkurang kemampuannya, dan pada akhirnya akan timbul rambut berwarna putih.

4. Berbicara mengenai alergi pada kulit, sebenarnya banyak produk yang ada dipasaran yang bisa memicu terjadinya reaksi alergi pada kulit kepala. Yang paling sering adalah produk cat rambut. Pada cat rambut, ada kandungan alergen dari pewarna hitam yang terkandung pada cat rambut warna gelap. Seseorang yang mengalami alergi terhadap cat rambut akan juga mengalami reaksi silang terhadap cat warna jenis yang lain, baik herbal ataupun non herbal.

Selain alergi karena pigmen warna cat rambut, alergi juga bisa dipicu oleh parfum yang dikandung dalam satu produk yang digunakan untuk rambut atau kulit kepala, jadi perlu diperhatikan pemilihan produk produk yang akan dipakai.

5. Permasalahan yang terakhir adalah adanya tumor baik jinak atau ganas yang bisa timbul pada kulit kepala karena lebih dari 50% tumor kulit ditemukan pada bagian kepala dan leher yang disebabkan karena paparan sinar matahari. Pada bayi yang baru lahir bisa ditemukan tahi lalat yang sering timbul pada kulit kepala dan tidak ditemukan rambut yang tumbuh diatasnya

 

Bagaimana membasmi kutu di kepala?

Kutu rambut bisa dibasmi dengan obat obatan yang dengan mudah didapatkan diapotek. Berbeda dengan obat kutu rambut yang dulu, kandungan obat kutu rambut sekarang relatif lebih aman asalkan benar cara pemakaiannya. Obat kutu rambut dituang diatas tangan kemudian ditaruh diatas rambut dengan sedikit dipijat agar meresap. Kemudian ditutup dengan shower cap selama 12 jam, biasanya pada malam hari. Kemudian pagi harinya dikeramas. Apabila memungkinkan isa menggunakan sisir khusus dengan gigi rapat untuk bisa menghilangkan kutu dan telur kutu yang menempel pada rambut. Proses penyisiran ini sebaiknya dilakukan pada saat rambut basah karena kutu cenderung diam gak bergerak saat rambut basah. Perlu dijaga kebersihan pribadi dan lingkungan serta hindari penggunaan alat alat secara bersama sama untuk mencegah penularan.

 

Makanan apa sajakah yang dapat dikonsumsi agar kulit kepala sehat?

Nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan rambut dan kulit kepala antara lain niacin, biotin, zinc dan vitamin A, B6 dan C. Sebenarnya makanan yang setiap hari sudah cukup mengandung semua nutrisi ini, namun apabila diperlukan kita bisa menambah porsi buah buahan dan sayur, ikan, daging dan telur.

 

Berapa kali seharusnya kita keramas?

Berapa kali kita harus keramas setiap minggu sangat tergantung dari jenis rambut masing masing orang, jumlah produksi minyak pada rambut serta lingkungan sekitar tempat tinggal. Semakin halus rambut, semakin banyak produksi minyak dan semakin lembab lingkungan sekitar maka akan semakin sering seseorang perlu keramas. Namun apabila sebaliknya, tidak diperlukan keramas setiap hari, bahkan tidak keramas 2-3 hari juga tidak ada masalah. Karena penggunaan shampo yang berlebihan juga akan menyebabkan rambut menjadi kering dan mudah patah dan rusak, karena minyak yang diproduksi sebenarnya adalah pelembab alami untuk rambut. Begitu juga apabila diperlukan shampo yang mengandung obat didalamnya, penggunaan shampo disesuaikan dengan dosis obat tadi.

 

Adakah perbedaan shampo pria dan wanita? Bolehkah pria ,menggunakan shampo wanita dan sebaliknya?

Sebenarnya tidak ada perbedaan antara rambut laki laki dan perempuan, namun kandungan shampo pria dan wanita berbeda isinya bila dilihat dari kandungan deterjen, pewangi yang digunakan, serta kandungan pelembab yang ada dalam shampo tadi. Perempuan cenderung suka keramas setiap hari dan menyukai bau yang wangi dari shampo, sehingga biasanya shampo untuk wanita memiliki kandungan deterjen yang lebih ringan, dengan mosturiser yang lebih banyak dengan wangi yang bermacam macam. Pria juga cenderung menyukai yg praktis, jadi biasanya dalam shampo juga sekaligus mengandung kondisioner. Penggunaan shampo wanita oleh pria sebenarnya tidak masalah, lepas dari wanginya yang mungkin tidak sesuai. Begitu pula sebaliknya, apabila wanita menggunakan shampo pria dengan deterjen yang lebih kuat, akan menjadi kering.

 

Apakah faktor yang mempengaruhi rambut rontok?

Permasalahan yang lain terkait dengan rambut adalah kerontokan rambut. Sebenarnya banyak hal yang bisa memicu kerontokan rambut, seperti yang sudah dibahas diatas, infeksi bakteri, jamur dan kutu juga bisa memicu kerontokan rambut, namun sbnrnya ada juga kerontokan rambut yang disebabkan oleh hormonal dan juga tidak diketahui penyebab pastinya. Kerontokan rambut ini namanya alopecia. Alopecia yang terjadi karena tingginya hormon androgen disebut sebagai alopecia androgenetik, dan memang ada hubungannya dengan genetik atau keturunan. Sedangkan alopecia yang tidak diketahui penyebabnya dan hanya mengenai daerah daerah tertentu pada kepala disebut alopecia areata. Alopecia areata ini bisa dimasukkan dalam kategori autoimun, yaitu penyakit yang disebabkan karena gangguan pada sistem kekebalan tubuh kita sendiri, dan paling sering dipicu oleh adanya stres baik fisik atau psikis.

 

Apakah rambut yang diwarnai akan membahayakan kulit kepala?

Seperti yang sudah disebutkan diatas, sebenarnya yang menjadi masalah bukanlah rambut yang berwarna kemudian akan menyebabkan suatu masalah, namun bahan aktif yang terkandung dalam cat rambut itu yang akan bisa menjadi alergen sehingga menimbulkan reaksi alergi pada kulit kepala.

 

Bagaimana perawatan kulit kepala pada wanita berhijab dan orang yang sering terkena sinar matahari?

Pada wanita berhijab tidak diperlukan perawatan yang khusus untuk rambutnya, karena sebenarnya permasalahan yang sering timbul, misalkan bertambah banyak ketombe pada saat berhijab sbnrnya kesalahan bukan dari hijabnya, namun seseorang tadi mungkin pada awalnya sudah mempunyai predisposisi untuk mengalami dermatitis seboroik, yang kemudian dipicu timbulnya dengan pemakaian hijab yang mgkn terlalu tebal dan menyebabkan produksi minyak menjadi berlebih pada kulit kepalanya. Penggunaan shampo disesuaikan dengan keperluan dari masing masing orang tadi.

Paparan sinar matahari yang memicu pembentukan vitamin D sangat berperan untuk kesehatan rambut, namun paparan yang berlebihan akan menyebabkan kerusakan protein dan warna pada rambut sehingga meyebabkan rambut terlihat kusam, kering dan kasar. Belum lagi apabila rambutnya tipis sehingga paparan matahari akan langsung mengenai kulit kepala, menyebabkan sunburn pada kulit kepala dan meningkatnya risiko kanker kulit.

 

Apa hal penting dalam merawat kesehatan kulit kepala?

Kesehatan kulit kepala sangat personal, terkait dengan genetik, riwayat alergi, aktivitas kelenjar minyak, aktivitas masing asing orang, lingkungan sekitar, paparan matahari, tingkat stres fisik dan psikis yang berbeda antara satu orang dengan yang lain, sehingga diperlukan perawatan yang berbeda pada tiap orang.

Pemilihan produk untuk rambut dan kulit kepala yang tepat sangat diperlukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan baik pada rambut ataupun kulit kepala seperti alergi, rambut rontok dll. Selalu menjaga kesehatan fisik dan mental, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung vitamin dan trace element seperti zinc akan dapat menjaga kesehatan rambut kita. Apabila didapatkan keluhan yang berkepanjangan pada rambut atau kulit kepala sebaiknya berkonsultasi ke dokter kulit dan kelamin agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

 

dr. Bimo Aryo Tejo, SpKK

Klinik Kulit dan Kelamin

PEMULIHAN NURSING STRIKE

 Suatu kebahagiaan besar bagi ibu menyusui berhasil menakhlukan salah satu tantangan menyusui. Ini adalah kisah tahun lalu, pada akhir Februari – awal Maret 2017 anak kedua saya, AdekSean berumur 3,5 bulan mengalami nursing strike (bayi menolak menyusu) selama 10 hari & pemulihan untuk mau kembali direct breastfeeding (menyusu langsung) selama 4 hari.

Perasaan saya sedih & pedih ketika Adek Sean yang biasanya mau menyusu langsung, tiba-tiba ga mau menyusu langsung. Tiap ditawari untuk nenen, Adek Sean berontak sambil menangis, kalaupun nenen cuman beberapa detik trus gampang untuk lepas. Awalnya saya mencoba untuk menangani sendiri tantangan ini dirumah. Bagi saya, ini adalah tantangan, bukan masalah.

Selama seminggu pertama semenjak nursing strike, Adek Sean masih mau nenen tapi pas ngantuk aja dan agak dipaksa utk mau nenen, dipantau tanda-tanda kecukupan ASI masih tercukupi yakni BAK (Buang Air Kecil) minimal 6x sehari. 4 hari berikutnya saya memantau makin parah, saat nenen lepas-lepas (perlekatan tidak sempurna), berontak sambil nangis, akhirnya sy top-up pakai ASIP dengan media sendok & pipet krn saya takut Adek Sean dehidrasi & sy pantau BAK nya masih belum 6x.

Hari ke 11 semenjak Nursing Strike saya panggil Konselor Laktasi dari sebuah Group Ibu Menyusui untuk home visit. Tidak ada perubahan, hari ke 12 semenjak Nursing Strike saya ke Dokter Laktasi di sebuah rumah sakit di Cibubur, akhirnya kami dirujuk ke RS Kemang Medical Care (KMC), krn disana ada penanganan khusus untuk bayi yang mengalami nursing strike dan masalah menyusui lainnya.

Setelah dianalisa, ada beberapa penyebab Adek Sean mengalami nursing strike yakni :

  1. Percobaan penggunaan dot yang diisi ASIP (ASI Perah). Dot hukumnya ‘terlarang’ dalam dunia per-ASI-an karena beresiko menyebabkan bayi bingung puting /tidak mengenal lagi puting ibunya.
  2. Top up ASIP menggunakan media pipet & sendok. Nah, kata salah satu dokter laktasi di KMC kira – kira begini : Ibu tidak boleh secara langsung menyuapin ASIP menggunakan media sendok / pipet, kalaupun mau disuapin ASIP harus dengan orang lain. Bayi kalau sama Ibunya hanya untuk menyusui langsung aja, krn bayi itu "titen" kalau si ibu ikut nyuapin ASI, si bayi akan menjadi bingung”
  3. Mulut adek Sean Jamuran, terlihat bercak putih menyelimuti rongga mulut dan lidah. Terdapatnya jamur saya mengira bersumber dari pipet yg tidak steril saat menyuapi ASIP. Saat di KMC, diberikan obat penghilang jamur pada mulut.

Penanganan yang dilakukan selama pemulihan nursing strike  di RS Kemang Medical Care KMC :

  1. Selama 4 hari selama hampir 24 jam non stop saya & Adek sean selalu skin to skin. Skin to skin (kontak kulit) dapat mengembalikan bonding ibu dan anak juga membangkitkan kembali insting alamiah bayi untuk menyusu.
  2. Menyusui ketika bayi setengah mengantuk & ruangan dikondisikan senyaman mungkin (tenang, sejuk, lampu diredupkan).
  3. Dalam sehari, Dokter Anak visit 1x. Dokter Laktasi visit bisa sampai 4 kali. Suster bisa berkali-kali dipanggil untuk dimintai bantuan. Para pihak tersebut mengusahakan agar Adek Sean mau kembali untuk menyusu langsung.
  4. Stimulasi agar mau menyusui dengan Suplementer & SNS (Suplementer Nursing System)
  5. Kondisi ibu harus rileks, sabar, yakin dan percaya bahwa anak bisa kembali menyusu. Kunci utamanya ada pada Keyakinan Sang Ibu.

Proses pemulihan dari nursing strike ini sepengalaman saya lebih berat daripada mengajari Adek Sean belajar nyusu ketika baru lahir dulu. Sungguh, penuh perjuangan. Hampir gagal kalau saya mau begitu saja menyerah. Setiap mau mencoba nenenin itu bagaikan nightmare. Hampir pesimis, beberapa menyarankan agar Adek Sean diberi ASIP dengan mediadot saja lebih mudah, daripada susah untuk mengembalikan Adek Sean menyusu kembali. Tapi bagi saya, saya harus memperjuangkan semaksimal mungkin agar Adek Sean dapat kembali menyusu langsung. Bagi saya, dengan menyusui langsung akan terjadi bonding (kontak batin) antara ibu dan anak yang kuat.

Puji Tuhan setelah berproses 4 hari di KMC, Adek Sean kembali familiar lagi sama "gentong" Maminya. Hore! Legaaanya luar biasa, Bersyukur tiada tara, Nangis harus ketika anak mau menyusu dengan maksimal.

Big Thanks to :

  • Tim Dokter Laktasi di RS Kemang Medical Care : Dokter Gina, Dokter Agusnawati, Dokter Judith, Dokter Dery, Dokter Wilda, Dokter Wenny, Dokter Dyah,
  • Dokter Spesialis Anak di RS Kemang Medical Care : Dokter Asti Paborini, SpA, IBCLC & Dokter Hanni, SpA

 Jadi untuk ibu-ibu muda :

  1. Sebisa mungkin hindari penggunaan dot krn pada sebagian bayi, dot beresiko tinggi menyebabkan bingung puting.
  2. Kalau bayi mau disuapin ASIP bisa dengan media cup feeder, gelas sloki, pipet, sendot, sendok botol / softcup feeder. Dan yg menyuapi harus orang lain bukan Ibunya. Bayi mengenal ibunya hanya untuk menyusui langsun.
  3. Bagi yg sedang berjuang pemulihan Bingung Puting, Nursing Strike kuncinya Sang Ibu harus PENUH KEYAKINAN dan sabar krn proses pemulihannya memakan waktu.
  4. Dalam proses pemulihan ini, Skin to Skin memegang peranan penting. skin to skin 24 jam non stop kecuali ketika mandi & ke toilet saja dilepas. Tidur tetap skin to skin dengan posisi bantal yang agak tinggi.

Bagi saya : menyusui memang tidak mudah, tapi amat sangat bisa diperjuangkan. Kunci utamanya ada pada Ibu, mau atau tidak untuk memperjuangkan bayinya untuk lolos ASI Eksklusif hingga lanjut menyusui hingga 2 tahun. Maka kemauan dan daya juang Ibu disini harus besar agar berhasil. Keras kepala-lah dalam menyusui. Jangan sampai ketika Ibu menyerah untuk menyusui, kemudian anak minum sufor, Ibu menjadi merasa bersalah dan tidak rela. Menyusui itu kebahagiaan dan kepuasaan tersendiri bagi Ibu. Akhir kata, Teguh Kukuh Berlapis Baja untuk Menyusui ya Mom!

Salam,

Rudanti Widianusita (30 tahun)

Kota Wisata Cibubur

Sebelum kita masuk ke pembahasan bayi tabung mungkin kita perlu mengenal dahulu apa itu fertlitas ?

Fertilitas adalah kemampuan dari suatu pasangan untuk membuahi, sehingga apabila suatu pasangan terganggu masalah kemampuan membuahi disebut pasangan yang Infertil (infertilitas).

 

 Kapan suatu pasangan disebut infertil?

Apabila pasangan (pasutri) tidak mendapatkan kehamilan setelah melakukan hubungan seksual secara teratur selama 1-2 tahun tanpa kontrasepsi.

 Salah satu cara saat ini untuk mendapatkan buah hati bagi pasangan yang sulit mendapat keturunan adalah dengan jalan menempuh bayi tabung, baik karena disebabkan gangguan pada pihak pria seperti  masalah dengan jumlah sperma, motilitas sperma begitu rendah maupun adanya gangguan dari pihak wanita dengan problem ovulasi, kualitas sel telur rendah, tuba falopinya tersumbat, atau memiliki penyakit endometriosis, atau dokter tidak bisa menemukan alasan ketidaksuburan dari suatu pasangan (unexplained infertility)

Bayi Tabung bukan sekedar mewujudkan mimpi memiliki anak, bahkan memiliki bayi kembar pun mampu terwujud. Biasanya dokter akan meyarankan setelah ada evaluasi menyeluruh dan setelah mencoba berbagai pengobatan dan belum berhasil mendapat keturunan.

 

Berapa lama proses bayi tabung dilakukan ?

Setelah proses evaluasi yang meliputi pemeriksaan dari mulai wawancara,  pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan penunjang seperti USG, Radiologi, dan sebagainya dan dianggap layak untuk mengikuti program maka kira- kira dibutuhkan waktu 2-3 minggu setelah  penyuntikan untuk pematangan sel telur sampai dengan panen sel telur  kemudian dilanjutkan kurang lebih 3-5 hari setelahnya untuk dilakukan penanaman embrio ke dalam Rahim.

 

Berapa tingkat kesuksesan?

Tingkat keberhasilan sangat bervariasi dan dipengaruhi oleh beberapa hal :

Menurut data nasional yang dikutip dari halaman babycenter.com, persentase kesuksesan siklus bayi tabung (bayi lahir hidup, baik pada kelahiran satu bayi maupun bayi kembar) sekitar 40% untuk wanita di bawah 35 tahun. Angka kesuksesan sebesar 30% pun didapat pada wanita dengan rentang usia 35-37 tahun. Semakin tua lagi, persentase pun semakin menurun. Misalnya, pada usia 38-40 tahun dengan persentase 22% dan usia 41-42 tahun dengan persentase 12%.

Mudah-mudahan uraian diatas dapat membantu bagi pasangan yang telah lama memimpikan kehadiran buah hati.

 

dr. Satrio Dwi Prasojo, SpOG

Kemang – Amanda Fertility

 

Mengapa payudara ibu menyusui bisa bengkak?

Bendungan pada pembuluh darah dan limfe karena stagnasi ASI, oleh 2 hal:

  • Produksi ASI:
  • Sekresi ASI mulai banyak (1-2 minggu pertama)
  • Terlalu sering perah2 àOver milk supply
  • ASI tidak dikeluarkan sempurna
  • Pelekatan menetek tak baik
  • Telat perah di kantor
    • Tidak meneteki langsung saat malam
    • Bayi tidak menetek langsung sama sekali
    • Ibu stress
    • Tekanan mekanis ke payudara

 Faktor apa saja yang meningkatkan resiko payudara bengkak?

  • Dot, sufor apalagi
  • Tidak bedding in, tidak rooming in
  • Bepergian tanpa ajak bayi
  • Ibu bekerja
  • Pakaian yang ketat, bra kawat, kekecilan
  • Posisi tangan ‘menggunting’
  • Sumbatan pada puting bintik putih/kuning/berkerak

 Apakah payudara yang bengkak boleh menyusui bayi?

Boleh banget, bila bayi kesulitan karena areola terlalu keras, bisa diperah sedikit untuk melunakkan areola saja tidak sampai ‘kosong’, lalu susukan ke bayi sesering mungkin.

 Seberapa sering seharusnya ibu menyusui?

Sesering mungkin semau bayi

 Apakah ada kaitannya payudara bengkak dengan puting lecet?

Ya.

  • Puting lecet bisa berlanjut ke payudara bengka. Rasa nyeri menekan hormon oksitosin yang bertugas membuka saluran ASI
  • Payudara bengkak dan puting lecet karena 1 penyebab yang sama. Pelekatan kurang baik: bayi kenal dot/empeng, menetek pakai bedong

 

 Bagaimana cara mencegah payudara agar tidak bengkak?

  • Menyusui sesering dan semau bayi
  • Working mom: Saat di kantor: perah @3-4jam sekali, di rumah tidak perlu perah tapi meneteki bayi langsung tanpa dibatasi, boleh sambil tidur.
  • Singkirkan factor resiko lain
  • Pastikan tidak ada sumbatan puting
  • BBL: rooming in, skin to skin, menetek semau bayi

 Bagaimana menangani payudara yg bengkak? (termasuk juga stasis ASI atau benjolan di 1 bagian)

  • Penanganan awal di rumah:
  1. Susukan semau bayi sesering mungkin, skin to skin
  2. Jangan memberikan minuman lain pada bayi
  3. Lakukan massage punggung dan keluarkan ASI -> pijat oksitosin
  4. Bila ada sumbatan -> bersihkan dengan minyak hangat (yg bisa dimakan)
  5. Cukup istirahat -> ibu kerja: cuti
  6. BH yang menyangga tetapi tidak ketat
  7. Kompres hangat-dingin bergantian, boleh pakai kol dingin
  8. Pijat HALUS dengan minyak yang bisa dimakan -> dari putting KE ARAH KETIAK
  9. Awasi tanda radang: tampak kemerahan, perabaan hangat, badan demam meriang
  • Penanganan lanjut, bila bengkak tidak teratasi
  • Stop pijat2 dan stop kompres hangat
  • Boleh minum paracetamol
  • Segera periksa ke poli laktasi bawa bayi

 Apa resiko apabila payudara bengkak tidak ditangani segera dengan tepat?

  • Mastitis akibat anti radang, antibiotik dan USG bila perlu ranap
  • Abses payudara -> butuh intervensi bedah (rawat bersama dengan sp.B), bila terbengkalai lebih banyak keluenjar asi yang rusak, nanah keluar sendiri dari lubang di payudara boleh tetap menyusui

           

Klinik Laktasi RSIA Kemang Medical Care

Dyah Febriyanti, IBCLC

Tema Pekan ASI yang diusung oleh WABA (World Alliance for Breastfeeding Action) tahun 2016 yaitu “Breastfeeding: A Key to Sustainable Development”, yang lebih menekankan pada pentingnya ASI untuk kehidupan yang baik (value the well-being) bagi masyarakat di masa yang akan datang. Sedangkan tema yang diangkat oleh Kemenkes RI adalah “Ibu Menyusui sampai 2 Tahun Lebih Hemat, Anak Sehat dan Cerdas; Dalam Rangka Mewujudkan Keluarga Sejahtera”.

Pemberian ASI pada 6 bulan pertama dan maksimal sampai 2 tahun sangat penting karena asupan terbaik saat bayi lahir hanyalah ASI. Dalam Al Qur’an pun telah menyebutkan masalah menyusui seperti dalam surat Al Baqarah [2] ayat 233 : “Hendaklah para ibu menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh yaitu bagi ingin menyempurnakan penyusuan”, jadi tidak ada alasannya ibu tidak mau menyusui anaknya.

Menyusui itu tidak boleh stress. Mungkin ada beberapa ibu yang mengalami ASI nya tidak keluar setelah melahirkan. Jangan panik dan berkecil hati ya! Menurut dr. Aini, Konselor Laktasi RSIA Kemang, Ibu tidak perlu khawatir karena bayi yang baru lahir 0-3 hari memiliki lambung sebesar biji kelereng. Bayi meminum ASI sekitar 5-7cc sekali minum. Bayi juga memiliki cadangan lemak di leher dan bahunya sehingga dapat bertahan selama 3-5 hari, jadi ibu yang setelah melahirkan tidak perlu khawatir jika ASI nya tidak keluar setelah melahirkan. Hal terpenting adalah ibu tetap melakukan IMD, rawat gabung, dan skin to skin. Skin to skin dapat merangsang hormon keluarnya ASI. Apabila ASI tidak kunjung keluar juga, segera konsultasikan ke Klinik Laktasi RSIA Kemang. Tim Laktasi RSIA Kemang siap membantu ibu untuk lancar menyusui.

 

Klinik Laktasi RSIA Kemang

Senin – Sabtu, pukul 08.00-20.00 WIB

Minggu, pukul 09.00-12.00 WIB

 

Page 1 of 26

VISI
Kemang Medical Care akan menjadi penyedia layanan kesehatan prima bagi wanita dan anak di Indonesia.

MISI
Kemang Medical Care akan memberikan layanan kesehatan yang holistik bagi wanita dan anak di Indonesia.

RSIA Kemang

Jl. Ampera Raya No.34

Jakarta Selatan 12550

Phone : (+6221) 27545454 / 27545400

Fax : (+6221) 78843548

Email : info@kemangmedicalcare.com

Print