Apa Itu Hemangioma?

Hemangioma merupakan salah satu kelainan pembentukan pembuluh darah dan dapat terjadi pada setiap jaringan dalam tubuh.  Hemangioma juga sering dikatakan sebagai tanda lahir. Diperkirakan hanya satu atau dua orang dari 100 bayi yang memilikinya. Ciri-ciri tanda lahir ini berupa benjolan berwarna kebiruan atau merah kebiruan.

Awalnya, hemangioma muncul seperti noktah berwarna merah, kemudian akan tumbuh cepat. Biasanya sebanyak 70 persen hemangima akan hilang pada usia tujuh tahun, 90% pada usia sembilan tahun, dan 95% ketika anak berusia 10 atau 12 tahun.

Hemagioma selain disebabkan karena kelainan pembuluh darah, juga disebabkan karena faktor tertentu yang terjadi selama proses persalinan, misalnya trauma pada saat lahir. Perlu diingat bahwa hemangioma tidak berkaitan dengan penyakit kulit dan tidak menular.

Pengobatan untuk hemangioma sangatlah tergantung pada jenisnya. Untuk hemangioma superfisial atau hemangioma yang tumbuh di permukaan tubuh, tidak diperlukan tindakan medis karena akan mengecil dan menghilang dengan sendirinya, seiring dengan bertambahnya usia anak.

Ada beberapa jenis hemangioma yang memerlukan tindakan pembedahan, yaitu jika pertumbuhannya sangat cepat, hemangioma raksasa dengan penurunan jumlah trombosit, dan hemangioma yang tidak mengecil setelah usia enam atau tujuh tahun.

dr. Ni Ketut Prami Rukmini, Spa

Artikel Pernah Dimuat dan Disunting dari Majalah Mother & Baby Edisi Februari 2012

 

VISI
Kemang Medical Care akan menjadi penyedia layanan kesehatan prima bagi wanita dan anak di Indonesia.

MISI
Kemang Medical Care akan memberikan layanan kesehatan yang holistik bagi wanita dan anak di Indonesia.

RSIA Kemang

Jl. Ampera Raya No.34

Jakarta Selatan 12550

Phone : (+6221) 27545454 / 27545400

Fax : (+6221) 78843548

Email : info@kemangmedicalcare.com

Print