Menyusui Bayi Prematur

Penting memastikan bahwa bayi kita mendapatkan apa yang dibutuhkannya  sehingga  dapat  tumbuh dan berkembang dengan baik.  Menyusu bagi bayi merupakan proses belajar dan membutuhkan waktu untuk mempelajarinya, dan bayi prematur perlu waktu yang  lebih lama. Hal ini sering disebabkan karena bayi prematur  tidak dapat menempelkan mulutnya dan menghisap secara efektif.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu bayi, terutama  yang lahir prematur  dapat menyusu dengan tepat  pada  payudara ibunya:

Pertama, metode perawatan kangguru (kangaroo mother care). Pada metode ini bayi dipeluk menempel dengan kulit ibu (kontak kulit ibu dengan kulit bayi) didalam baju ibu. Hal ini akan meningkatkan keterikatan antara ibu dan bayi sehingga mendorong proses menyusui lebih berhasil. Bayi juga menjadi lebih tenang, jarang menangis  sehingga berat badan bisa lebih cepat naik.

Kedua, dengan  memposisikan mulut bayi menempel pada payudara dengan tepat sehingga  ia mendapatkan ASI  optimal yang dibutuhkannya.

Tidur bagi bayi, memiliki manfaat yang baik untuk tumbuh kembangnya. Karena memberi kesempatan mengistirahatkan tubuhnya, meningkatkan proses metabolisme, yakni proses pengolahan pangan menjadi energi yang dibutuhkan.  Aktivitas tidur juga merupakan salah satu stimulus bagi proses tumbuh kembang otak. Hal ini bisa dimengerti karena 75% hormon pertumbuhan dikeluarkan saat anak tidur. Dan bayi  prematur  menggunakan sebagian besar waktunya untuk tidur  lebih lama dibandingkan bayi yang lahir tepat waktu.

Air susu ibu yang melahirkan  prematur, mengandung  konsentrasi protein yang lebih tinggi, asam lemak tak jenuh berantai panjang dan faktor kekebalan paling banyak. Kekebalan bayi yang lahir prematur  belum berkembang seperti bayi yang lahir pada waktunya. Sehingga bayi prematur lebih mudah terinfeksi. Penting sekali untuk tetap menyusui bayi meski  sudah berusia lebih dari 6 bulan sampai 2 tahun.

 

dr. Sylvia Haryeny, IBCLC

Artikel Disunting dan Pernah Dimuat Pada Majalah 9 Months Edisi Juli 2011

VISI
Kemang Medical Care akan menjadi penyedia layanan kesehatan prima bagi wanita dan anak di Indonesia.

MISI
Kemang Medical Care akan memberikan layanan kesehatan yang holistik bagi wanita dan anak di Indonesia.

RSIA Kemang

Jl. Ampera Raya No.34

Jakarta Selatan 12550

Phone : (+6221) 27545454 / 27545400

Fax : (+6221) 78843548

Email : info@kemangmedicalcare.com

Print