Penyimpanan ASI Perah

Ibu dapat menyimpan ASI perah (ASIP) dalam botol kaca, kantong ASI, atau plastik gula. Isilah wadah tiga-perempatnya saja sehingga saat terjadi pemuaian akibat pembekuan, wadah tidak akan bocor. Jangan lupa untuk menuliskan tanggal dan jam pemerahan pada setiap kantong ASIP. ASI yang diperah paling awal digunakan lebih dulu. Ibu dapat menyimpan ASIP dalam cooler box selama di kantor, kemudian menyimpannya dalam freezer sesampainya Ibu di rumah.

ASIP dapat bertahan 6 sampai 8 jam pada suhu ruangan (≤ 25 derajat Celsius), 24 jam dalam cooler box dengan ice pack, 1 sampai 2 hari dalam rak kulkas (4 derajat Celsius), 2 minggu dalam freezer satu pintu (-15 derajat Celsius),  3-6 bulan dalam freezer dua pintu (-18 derajat Celsius) dan 6-12 bulan dalam deep freezer (-20 derajat Celsius). Namun, tidak diperlukan kulkas khusus untuk menyimpan ASI.

Sebelum diberikan, ASIP beku dipindahkan terlebih dahulu ke dalam rak kulkas agar mencair (kurang lebih diperlukan waktu sekitar 10 jam). ASIP kemudian dihangatkan pada suhu ruangan atau dengan merendamnya di dalam air hangat. Jangan merebus ASI atau menghangatkan dengan warmer atau microwave sebab ASI bisa rusak. ASI perah yang sudah dihangatkan ini dapat bertahan selama 1-2 jam.

ASIP yang telah diturunkan dari freezer tidak dapat dimasukkan ke dalam freezer lagi. Begitu juga dengan ASIP yang telah dikeluarkan dari lemari es dan dihangatkan tidak dapat dimasukkan ke dalam lemari es lagi. Jadi, hangatkan ASIP sesuai kebutuhan bayi.

dr. Agusnawati

Tim Klinik Laktasi RSIA Kemang Medical Care

 

VISI
Kemang Medical Care akan menjadi penyedia layanan kesehatan prima bagi wanita dan anak di Indonesia.

MISI
Kemang Medical Care akan memberikan layanan kesehatan yang holistik bagi wanita dan anak di Indonesia.

RSIA Kemang

Jl. Ampera Raya No.34

Jakarta Selatan 12550

Phone : (+6221) 27545454 / 27545400

Fax : (+6221) 78843548

Email : info@kemangmedicalcare.com

Print