15 Fakta Kesuburan Pria

Pria pada umumnya menganggap kesuburan berkaitan dengan masalah kejantanan atau maskulinitas. Dalam pandangan masyarakat, pria dianggap jantan bila dapat melakukan aktivitas seksual dan bisa memiliki anak. Kesuburan sendiri tidak sesederhana itu. Berikut beberapa pertanyaan menyangkut kesuburan pria dan faktanya.

Apakah naik sepeda motor atau sepeda akan mempengaruhi kesuburan pria?

Kesuburan sangat dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Tubuh yang terjaga kesehatan fisik  dan psikisnya tentunya akan menghasilkan hormon reproduksi yang lebih baik. Lingkungan tempat kerja yang panas misalnya, akan mempengaruhi kualitas sperma. Demikian juga halnya dengan posisi duduk yang terlalu lama. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa pria yang kerja dan duduk di ruang dengan suhu tinggi, kualitas spermanya akan turun. Ini berarti, jika Anda harus mengendarai sepeda motor dalam waktu yang lama, diusahakan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh dengan berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, dan menjaga gaya hidup tetap sehat.

Apakah olahraga membuat sperma menjadi aktif?

Benar sekali. Menurut penelitian, pria yang sering melakukan olahraga ketahanan (endurance), misalnya bersepeda, berenang, lari marathon dengan rutin, 2-4 kali selama seminggu, memiliki sperma yang berenang lebih cepat dibandingkan dengan pria yang jarang olahraga.

Diana Vaamonde, Ph. D yang melakukan riset tentang hal tersebut menjelaskan bahwa pria yang rajin olahraga akan  merangsang produksi hormon testosteron yang sangat diperlukan untuk memperoleh cairan mani dan sel sperma yang sehat. Tetapi olahraga yang dilakukan secara berlebihan pun tidak baik buat kualitas sperma, lakukan olahraga secara rutin dalam 3-5 jam seminggu yang terbagi dalam beberapa kali sesi latihan.

Apakah bercinta setiap hari akan membuat istri cepat hamil?

Bercinta setiap hari bukan solusi agar istri cepat hamil. Daur hidup sperma kurang lebih 24 jam sekali. Kalau bercinta dilakukan setiap hari, keesokan harinya sperma yang dikeluarkan menjadi kurang baik kualitasnya. Selain itu, bercinta yang tujuannya untuk reproduksi sebaiknya dilakukan saat istri Anda memasuki masa subur , yaitu fase dimana sel telur akan dikeluarkan dari ovarium sebagai pabrik telurnya.

Apakah waktu bercinta mempengaruhi kualitas sperma?

Kualitas sperma  sangat ditentukan oleh kualitas kesehatan tubuh Anda, bukan oleh waktu bercinta. Namun waktu bercinta sangat menentukan mudah atau tidaknnya gairah bangkit.

Pria umumnya mudah terangsang setelah lewat jam 14.00. Kenapa? karena setelah jam tersebut hormon relaksasi pada pria lebih tinggi. Demikian juga wanita, umumnya sulit bergairah jika hubungan seks dilakukan antara jam 08.00-10.00 karena kadar hormon melatonin yang tinggi akan menghambat gairah. Tetapi tidak ada batasan waktu untuk melakukan hubungan seks. Hubungan seks bisa dilakukan kapan saja, yang penting pasangan Anda menyetujuinya.

Apakah saya bisa tahu kualitas sperma dari warna sperma?

Cairan semen merupakan cairan yang diproduksi oleh kelenjar-kelenjar pada saluran genital pria. Semen, selain mengandung spermatozoa, juga mengandung sejumlah nutrisi, enzim, dan fruktosa yang berfungsi sebagai media untuk sperma Anda berenang sebelum mencapai lendir serviks. Semen yang normal umumnya bewarna putih keabu-abuan atau sedikit kekuningan.

Untuk mengetahui kualitas serta kuantitas sperma, harus dilakukan pemeriksaan laboratorium, karena warna semen tidak menentukan jumlah sperma yang dikandungnya atau sebaliknya. Tetapi warna semen merupakan indikator kesehatan, misalnya warna semen yang menjadi kemerahan mengindikasikan adanya sesuatu atau luka sehingga cairan darah masuk ke dalam semen. Jika itu terjadi, segera periksakan ke dokter.

Benarkah polusi mempengaruhi kualitas sperma?

Menurut sejumlah penelitian, polusi udara asap kendaraan dan pabrik mengandung nitrogenoksida dan timah yang memicu penurunan kualitas sperma. Hal ini akan sangat berpengaruh terutama pada pria yang bekerja lebih dari 6 jam di daerah berpolusi tinggi. Menurut Dr. Michele De Rosa dari Naples University, pria yang bekerja lebih 6 jam di daerah berpolusi memiliki sperma dalam jumlah lebih sedikit, bergerak lebih lambat, dan memiliki bentuk yang abnormal jika dibandingkan dengan pria yang tinggal di daerah pedesaan yang minus polusi. Tetapi apakah efek ini hanya bersifat temporer, masih dilakukan penelitian.

Apakah makanan tertentu akan membuat sperma semakin subur?

Kualitas makanan akan sangat mempengaruhi kualitas sperma. Sayur-sayuran yang berwarna hijau tua umumnya mengandung asam folat yang berfungsi dalam metabolisme tubuh Anda secara keseluruhan dan mempengaruhi kualitas sperma. Demikian juga kacang-kacangan yang mengandung mineral dan seng yang akan meningkatkan kualitas sperma. Makanan yang mengandung vitamin E juga sangat bermanfaat buat kesuburan pria. Makanan yang kaya protein seperti tiram, daging kambing,  kalkun, gandum, buncis, daging merah, kacang, alpukat, pisang, dan almond juga dapat menigkatkan produksi sperma.

Apakah benar daging kambing menambah kekuatan seks?

Daging kambing adalah sumber makanan yang kaya akan protein dan zat besi serta mineral-mineral lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Daging kambing juga merupakan makanan yang bersifat afrodsiak atau membangkitkan gairah, tetapi tidak sebesar yang dibayangkan. Kekuatan seks yang timbul setelah makan daging kambing merupakan efek psikologis yang sudah tertanam di otak pria.

Apakah makanan tertentu bisa menentukan jenis kelamin anak?

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi makanan dapat mempengaruhi jenis kelamin bayi. Namun, kebanyakan ahli gizi berpesan agar diet jenis kelamin bayi jangan sampai berlebihan dan tidak seimbang sebab efek sampingnya bisa mengganggu kecukupan dan keseimbangan energi yang dibutuhkan janin.  Lagipula, keberhasilan dari metode ini sangat rendah.

Apakah merokok dan minum alkohol akan membuat saya mandul?

Dalam sebatang rokok terkandung hampir kurang lebih 4.000 partikel beracun, yang bisa masuk ke dalam testis seorang pria melalui pembuluh darah. Racun tersebut akan membuat kualitas sperma berkurang. Misalnya jumlahnya menjadi lebih sedikit, gerakan sperma akan lambat atau tidak bergerak, dan bentuknya akan mengalami kecacatan. Masalah yang aling berbahaya adalah DNA dari sperma yang terganggu sehingga membuat kehamilan menjadi bermasalah misalnya keguguran, kecacatan janin, serta bisa membuat pertumbuhan bayi mengalami hambatan.

Apakah stress mempengaruhi kesuburan?

Secara tidak langsung, stress akan mempengaruhi kesuburan pria karena stres akan melepaskan hormon kotisol dari tubuh. Hormon ini akan secara langsung mempengaruhi kerja dari hormon seks yang akan  bekerja dalam sistem reproduksi pria. Sama seperti wanita, stress yang berlebihan pada wanita akan membuat siklus menstruasinya menjadi terganggu.

Apakah kelelahan juga dapat membuat sperma lelah?

Kualitas sperma sangat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan tubuh, baik kesehatan fisik maupun psikis. Kondisi kelelahan fisik yang berlangsung terus menerus, sedikit banyak akan membuat keseimbangan metabolisme tubuh mengalami gangguan.

Kualitas sperma akan dipengaruhi oleh hormon testosteron, sedangkan kerja hormon ini akan terganggu jika tubuh mengalami kelelahan dalam waktu yang lama. Tentunya, faktor lain juga berpengaruh, misalnya nutrisi makanan yang Anda konsumsi dan kebiasaan berolahraga rutin. Untuk itu, bisasakanlah menjaga kesehatan dan asupan nutrisi.

Apakah ada penyakit tertentu yang mempengaruhi kesuburan?

Beberapa penyakit metabolik tentunya akan sangat mempengaruhi kualitas kesuburan pria. Misalnya penyakit gula (Diabetes Mellitus), gagal ginjal, dan penyakit jantung kronis.

Pada penyakit gula kualitas sperma akan sangat dipengaruhi. Demikian juga kualitas ereksi seseorang akan terganggu jika penyakit-penyakit tersebut dibiarkan.

Seberapa persen masalah kesuburan adalah masalah laki-laki?

Ketidaksuburan atau subfertilitas adalah suatu kondisi diman pasangan suami istri tidak memperoleh keturunan setelah menikah dalam waktu satu tahun dengan hubungan suami istri yang rutin tanpa kontrasepsi. Dalam kondisi demikian, ketidaksuburan ini 50 persen lagi disebabkan oleh pihak istri. Dalam hal pengobatan tentunya kedua belah pihak harus menjalani pemeriksaan.

Apakah yang harus saya perbuat jika belum dikaruniai anak?

Belum punya anak setelah menikah satu tahun , adalah kondisi yang mengharuskan Anda dan istri untuk berobat. Umumnya dokter akan melakukan pemeriksaan kualitas sperma. Jika kualitas sperma bermasalah, dokter kandugan biasanya akan merujuk suami ke dokter ahli andrologi untuk mencari tahu penyebab kelainan dan mengobatinya.

dr. Febriansyah Darus, SpOG

Artikel disunting dan pernah dimuat dalam supplemen Mother & Baby

Father & Baby Juli 2012

VISI
Kemang Medical Care akan menjadi penyedia layanan kesehatan prima bagi wanita dan anak di Indonesia.

MISI
Kemang Medical Care akan memberikan layanan kesehatan yang holistik bagi wanita dan anak di Indonesia.

RSIA Kemang

Jl. Ampera Raya No.34

Jakarta Selatan 12550

Phone : (+6221) 27545454 / 27545400

Fax : (+6221) 78843548

Email : info@kemangmedicalcare.com

Print