Tiket Menuju Kehamilan Sehat

Kehamilan merupakan saat membahagiakan, sekaligus sebuah ujian bagi ibu. Walaupun kemajuan teknologi di dunia kedokteran demikian canggihnya, kematian (perinatal) bayi baru lahir masih menjadi masalah bagi banyak kaum wanita, beberapa diantaranya berakhir dengan keguguran, dan meningkat saat dilahirkan. Angka kematian bayi yang terjadi setiap tahun masih saja terjadi. Berdasarkan data, satu satu dari lima kehamilan beresiko tinggi dan berakhir dengan keguguran, dan meningkat saat dilahirkan. Oleh karenanya setiap ibu hamil hendaklah memperhatikan dengan seksama tuntunan berikut:

Menjaga Ketenangan Bathin

Biasakan diri selalu tenang dan tidak gusar dalam menghadapi masalah yang berat, bergembiralah dalam melakukan aktifitas yang sangat dibutuhkan demi kesehatan ibu dan anak yang dilahirkan. Ketakutan ibu sangat berpengaruh bagi perkembangan janin dalam rahim.

Menjaga Kebersihan dan Kesehatan

Mengisyaratkan kepada kita untuk melahirkan dan menurunkan generasi yang sehat, kuat jasmani dan rohaninya, maka dianjurkan bagi para ibu untuk benar-benar memperhatikan dan memelihara kesehatan serta kebersihan selama hamil, demi kekuatan bayi yang dikandungnya melalui langkah-langkah berikut:

  1. Pengaturan makanan selama hamil. Janin mendapatkan makanan dari ibunya, oleh karena itu seorang ibu hamil harus mengkonsumsi makanan dalam jumlah cukup, berkualitas tinggi dan bergizi yang bermanfaat juga untuk memproduksi ASI (Air Susu Ibu).
  2. Olah Raga. Olah raga ringan dan teratur dapat membantu mencegah timbulnya kesulitan buang air besar dan wasir yang sering terjadi pada wanita hamil, juga membantu persiapan otot pada waktu melahirkan. Olah raga yang dilakukan dapat berupa jalan kaki, berenang, dan aerobik ringan.
  3. Kebersihan Tubuh. Selama hamil anda akan lebih sering berkeringat, maka dianjurkan untuk mandi lebih sering, supaya badan terasa dingin dan segar. Jagalah kebersihan vagina, terutama selama 6 minggu terakhir kehamilan, karena apabila kebersihannya tidak terjaga dapat menyebabkan infeksi rahim.
  4. Istirahat. Jangan terlalu lelah, beristirahatlah bila merasa lelah dan tinggikan tungkai di kursi. Usahakan tidur sedikitnya 8 sampai dengan 10 jam setiap malam. Bila memungkinkan tidur siang sangat dianjurkan.
  5. Hubungan Badan. Hubungan badan selama hamil biasanya aman, sejauh tidak menimbulkan keluhan seperti pedarahan.
  6. Pakaian. Karena ibu hamil lebih sering berkeringat dan merasa kepanasan, maka pakailah baju longgar dan menyerap keringat. Pakailah sepatu yang bertumit rendah, supaya tidak jatuh dan menimbulkan sakit pinggang. Pakailah pakaian dalam (bra) yang agak longgar, supaya dapat menyangga payudara yang membesar selama hamil.
  7. Jangan Merokok. Ibu hamil yang merokok mempunyai resiko pada anak yang dilahirkan, yaitu resiko anak memiliki berat badan yang rendah dan meningkat setelah dilahirkan. Oleh karena itu hindari asap rokok, baik dari diri sendiri maupun orang lain.

 

dr. Gatot Soeryokoesoemo, PFK, MM

VISI
Kemang Medical Care akan menjadi penyedia layanan kesehatan prima bagi wanita dan anak di Indonesia.

MISI
Kemang Medical Care akan memberikan layanan kesehatan yang holistik bagi wanita dan anak di Indonesia.

RSIA Kemang

Jl. Ampera Raya No.34

Jakarta Selatan 12550

Phone : (+6221) 27545454 / 27545400

Fax : (+6221) 78843548

Email : info@kemangmedicalcare.com

Print