Upaya Sehat Di Usia Lanjut

Proses menua tidak dapat ditolak, namun dapat diupayakan agar tetap sehat di usia lanjut! Jumlah penduduk yang berusia lanjut semakin meningkat. Usia harapan hidup di negeri kita meningkat cukup tajam. Pada tahun 1984 usia harapan hidup hanya 55,4 tahun, sedangkan sekarang telah meningkat menjadi 67 tahun. Meski usia harapan hidup meningkat, namun orang yang berusia lanjut biasanya juga mengalami berbagai gangguan kesehatan. Sebagian besar gangguan kesehatan yang bersifat kronik ini dapat dicegah atau ditunda, sehingga dapat diupayakan keadaan usia lanjut yang sehat. Proses menua masih merupakan misteri dalam dunia kedokteran, meski banyak teori yang dikemukakan untuk menjelaskan terjadinya proses menua tapi belum ada suatu teori yang secara memuaskan dapat menjelaskan proses menua.

Peningkatan derajat kesehatan masyarakat tergambar dari menurunnya angka kematian ibu dan meningkatnya usia harapan hidup. Meski usia maksimum manusia tidak bertambah dengan nyata, tapi peningkatan jumlah penduduk yang berusia lanjut meningkat secara tajam termasuk di Indonesia. Usia lanjut seringkali ditandai dengan berbagai penyakit dan kecacatan seperti jantung koroner, arthritis, osteoporosis, fraktur, kelainan nerodegeneratif, depresi, kanker penurunan visus dan pendengaran.

Sebagian besar penyakit dan gangguan kesehatan yang timbul pada usia lanjut berhubungan dengan gaya hidup (life style). Berikut berbagai upaya untuk meningkatkan kesehatan di usia lanjut.

Tidak Merokok

Merokok meningkatkan resiko penyakit kanker,termasuk paru-paru, perut, laring, usus besar, penyakit jantung, dan terjadinya kerusakan vaskuler, penyakit pernapasan, pengeroposan tulang, dan luka abdomen.

Diet

Asupan makanan untuk kesehatan di usia lanjut dapat diupayakan dengan cara sebagai berikut:

  1. Pemasukan buah dan sayuran yang tinggi (5 porsi atau lebih setiap hari) dapat mencegah penyakit jantung, fungsi pernapasan, kemunduran macular dan katarak, kanker termasuk payudara, prostate, kolorectal dan abdomen, penyakit divertikulasi, dan diabetes.
  2. Komplek karbohidrat tinggi, dapat melindungi dari penyakit jantung, kanker termasuk payudara dan colorectal.
  3. Mengurangi lemak jenuh (<15% jumlah enerji makanan) dan lemak total (<35% jumlah enerji makanan). umlah lemak jenuh tinggi meningkatkan resiko penyakit jantung koroner, kanker termasuk colorectal, prostat dan payudara, penyakit usus besar, dan osteoarthritis.
  4. Mengurangi garam. Jumlah sodium tinggi meningkatkan resiko stroke,kanker abdomen, osteoporosis, dan penyakit saluran napas.

Kegiatan Fisik

Kegiatan fisik dapat mencegah penyakit jantung, diabetes, osteoporosis, kanker termasuk colorectal dan payudara, depresi.

Merokok merupakan faktor penting penyebab gangguan kesehatan di usia lanjut yang dapat dicegah. Nutrisi juga berpengaruh penting pada kesehatan usia lanjut. Untuk menjamin kesehatan di usia lanjut dianjurkan untuk mengkonsumsi  nutrisi yang adekuat seperti vitamin, mineral, dan 3 asam lemak, keadaan ini dapat dicapai dengan mengkonsumsi buah, sayuran, dan karbohidrat komplek, mengurangi penggunaan garam, dan lemak jenuh. Obesitas merupakan faktor resiko untuk penyakit kronik. Sedangkan kegiatan jasmani tersebut perlu disesuaikan dengan usia, namun berjalan kaki, berkebun, dan bergerak dianggap bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Pencegahan dementia dapat dilakukan dengan cara intervensi medis misalnya dengan penggunaan aspirin dan diet yang mencegah resiko penyakit kardiovaskuler. Pendidikan pada usia dini dan stimulasi mental pada usia lanjut dianggap juga dapat mencegah dementia.

 

dr. Gatot Soeryo Koesoemo, PFK, MM

VISI
Kemang Medical Care akan menjadi penyedia layanan kesehatan prima bagi wanita dan anak di Indonesia.

MISI
Kemang Medical Care akan memberikan layanan kesehatan yang holistik bagi wanita dan anak di Indonesia.

RSIA Kemang

Jl. Ampera Raya No.34

Jakarta Selatan 12550

Phone : (+6221) 27545454 / 27545400

Fax : (+6221) 78843548

Email : info@kemangmedicalcare.com

Print