Manfaat Asam Folat Pada Kehamilan

Asam folat termasuk kedalam kelompok vitamin B kompleks (vitamin B9) dan disebut juga folacine, yang pertama kali ditemukan pada daun bayam. Asam folat terdapat dalam hampir setiap makanan, terutama daun hijau segar, hati, ragi, jeruk, buncis, kentang, dan cereal.

Tubuh memerlukan asam folat 50 mcg/hari. Pada keadaan infeksi, kehamilan, laktasi/menyusui, anemia hemolitik, serta tumor ganas, kebutuhan asam folat meningkat sampai 300 – 400 mcg/hari, bahkan lebih.

Kekurangan asam folat pada kehamilan akan menyebabkan neural tube defect atau kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang janin yang pembentukannya terjadi pada minggu ke-3 sampai minggu ke-4 kehamilan. Asam folat juga bermanfaat untuk produksi sel darah merah sehingga mencegah anemia megaloblastik. Selain itu konsumsi asam folat yang cukup juga mencegah penyakit cardiovaskuler, alzheimer, osteoporosis, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Asam folat penting pada perkembangan DNA yang akan membawa informasi genetik untuk perkembangan setiap sel tubuh  pada awal perkembangan janin terutama pada 12 minggu pertama kehamilan. Asam folat sebaiknya tidak diminum dengan air panas karena mudah rusak. Memasak sayuran jangan terlalu matang agar tidak merusak kandungan asam folat didalamnya.

Pada fase awal pertumbuhan dari janin, sintesa asam nukleat dan protein berada pada periode puncak, karena itu kebutuhan ibu meningkat secara cepat. Jika asam folat tidak cukup maka sintesa asam nukleat akan dihambat dan sel tidak sanggup membentuk DNA sehingga terjadi gangguan proses metilasi protein, lemak dan myelin (selubung saraf), serta penimbunan homosistein.

Kekurangan asam folat juga dapat menyebabkan antara lain homocysteinemia, graying of hair, anemia, NTD, fatigue, insomnia, memory problems/dementia, depression, apathy, dan terosklerosis.

Penutupan tabung saraf pada janin berlangsung pada 4 minggu pertama kehamilan, dan keadaan hamil ini sering tidak/belum disadari, oleh karena itu sangatlah penting bagi seorang wanita untuk mengkonsumsi asam folat sebelum terjadinya kehamilan.


dr. Lilia Mufida, SpOG

VISI
Kemang Medical Care akan menjadi penyedia layanan kesehatan prima bagi wanita dan anak di Indonesia.

MISI
Kemang Medical Care akan memberikan layanan kesehatan yang holistik bagi wanita dan anak di Indonesia.

RSIA Kemang

Jl. Ampera Raya No.34

Jakarta Selatan 12550

Phone : (+6221) 27545454 / 27545400

Fax : (+6221) 78843548

Email : info@kemangmedicalcare.com

Print