Mengajarkan Anak Mengekspresikan Marah Secara Tepat

Kejadian baru-baru ini di salah satu SD Bukittinggi amat mengenaskan. Bagi anda yang belum sempat melihat videonya, singkatnya adegan yang ada di video seperti ini: seorang anak perempuan berdiri di pojok kelas, 7 orang temannya, seorang gadis dan 6 orang pemuda cilik, satu-persatu menendangnya. Anak itu menangis menutupi mukanya dengan jilbabnya, dan deraan itu tidak berhenti.

Adegan itu tampak sengaja direkam, dan kemudian beredar luas di media sosial. Apa pasalnya anak itu mengalami derita itu? Salah satu pelaku mengaku bahwa anak perempuan itu menghina ibunya, sehingga ia kesal dan melakukan tindakan tersebut.Apakah salah merasa marah ketika ibu dihina? Tentu tidak. Jika tidak marah, rasanya malah aneh. Yang keliru adalah jika ekspresi marah mengambil bentuk melakukan kekerasan yang membahayakan orang lain. Apa yang membuat para pelaku kasus di Bukittinggi melakukan kekerasan pada anak perempuan tersebut? Menurut ahli syaraf dr. Pukovisa P., SpS, anak-anak itu belum matang akal sehatnya, sehingga begitu emosinya terpantik, maka reaksi yang keluar dipicu oleh memori yang paling berkesan di otaknya tentang ekspresi marah. Darimana adegan itu ia peroleh? Tak lain dan tak bukan dari lingkungan sekitarnya, seperti ekspresi marah orang tua, guru, teman-temannya, kakak kelasnya, tetangganya, tontonan di tv, game dan sebagainya.

Bagaimana membuat anak tidak mengekspresikan marah dengan cara kekerasan? "Ya dengan menanamkan ide dengan cara-cara yang lebih benar serta memperlihatkan keteladanan", begitu menurut dr. Puko. Elly Risman, pakar parenting, mengatakan, "Bila kita menanamkan rasa kasih sayang kepada anak-anak, memberikan bahasa respek kepada mereka, kita mengajarkan mereka menjadi anak-anak yang bermoral". Selamat mengasuh dengan benar, baik, dan menyenangkan.


Tim Parent Education Center (PEC) dan Klinik Psikologi RSIA Kemang Medical Care

VISI
Kemang Medical Care akan menjadi penyedia layanan kesehatan prima bagi wanita dan anak di Indonesia.

MISI
Kemang Medical Care akan memberikan layanan kesehatan yang holistik bagi wanita dan anak di Indonesia.

RSIA Kemang

Jl. Ampera Raya No.34

Jakarta Selatan 12550

Phone : (+6221) 27545454 / 27545400

Fax : (+6221) 78843548

Email : info@kemangmedicalcare.com

Print