Yuk, Kenali Bahasa Tubuh Anak

Bentuk komunikasi selain secara lisan dan tulisan adalah komunikasi bahasa tubuh. Bahasa tubuh adalah bahasa yang ditunjukkan oleh gerakan tubuh seperti tatapan mata, ekspresi wajah dan sentuhan, yang terjadi secara spontan dalam upaya mengekspresikan perasaan dan keinginan tersembunyi di dalam hati.

Kenali bahasa tubuh anak melalui pengamatan pada:

  1. Bagian yang harus diperhatikan : kepala dan wajah, tangan dan kaki, gerakan mata menatap atau menghindar, nafas santai atau tersengal pendek pendek atau panjang perlahan.
  2. Perubahan mimik dan ekspresi wajah, intonasi suara apa keras, pelan, nyaring, atau berteriak.
  3. Gerakan tangan dan kaki
  4. Arah dan posisi tubuh ruang gerak antara anak dengan ortu apakah mendekat atau menjauh

Menurut Kamus Perkembangan Bayi dan Batita , Jane Chumbley , Erlangga, 2008, pada usia batita emosi lewat kata hanya diekspresikan kurang dari 10% sedangkan emosi lewat bahasa tubuh diekspresikan lebih dari 80% karena belum banyak kosakata dan belum mengetahui nama-nama emosi. Anak belum terampil mengendalikan bahasa tubuh, sehingga bahasa tubuh sering kali bisa mengungkapkan  banyak hal dibandingkan dengan kata-kata yang diucapkan dan perilaku yang ditampilkan. Anak menggunakan  bahasa tubuh setiap waktu, sehingga bisa menjadi cara ampuh untuk Anda pahami maksud yang ingin disampaikan oleh anak dan 90% emosi perasaan diekspresikan lewat bahasa tubuh.

Setelah manusia dewasa dan sudah berkomunikasi lisan dengan banyak kata, bahasa tubuh masih menjadi alat komunikasi yang penting  yang harus diperhatikan dalam menjalin  hubungan dengan orang lain. Ekspresi bahasa tubuh ini menunjukkan PERASAAN dan KEINGINAN yang muncul dan bisa menjadi tanda untuk membaca isi hati lawan bicara/ anak.

Manfaat bahasa tubuh untuk orang tua :

  1. Orang tua dapat paham PIKIRAN DAN PERASAAN anaknya sehingga terjalin hubungan yang semakin dekat.
  2. Anak merasa dirinya DITERIMA DAN DIPAHAMI sehingga  Kepercayaan dirinya tumbuh

Jika Anda tidak mengerti bahas tubuh anak, perasaannya yang terdalam bisa bisa luput dari perhatian Anda. Bahasa tubuh, sumber info penting untuk mengetahui PIKIRAN DAN PERASAAN anak. Semakin baik Anda memahami bahasa tubuh, semakin baik pemahaman anda tentang TINGKAH LAKU Anak.

Bagaimana caranya memahami bahasa tubuh anak?

  1. LAKUKAN MELALUI PENGAMATAN. Mulai perhatikan bahasa tubuh anak dalam berbagai situasi. Untuk meyakinkan, bisa anda tanya langsung perasaan anak : adik sedih ya? Untuk anak yang lebih besar : apa yang kamu rasakan sekarang? Beberapa bahasa tubuh anak usia 5 - 12 tahun yang bisa anda amati dan pahami adalah ketika melihat dia sedang menangis, tertawa, cemberut, senyum simpul, menghela nafas, menyilangkan kaki atau melipat kedua tangan. Sebagai contoh, mengenali bahasa tubuh anak yang berbohong: cerita tidak konsisten, perhatikan kontak matanya yang menghindar, merasa gelisah , tidak tenang atau diam. Bohong dilakukan anak karena minta perhatian atau anak takut menerima akibat dari perbuatannya. Bisa jadi, diawal latihan, Anda keliru menebak perasaan anak. Terus coba. Seiring meningkatnya latihan ketrampilan ini, akan mengasah kepekaan pengamatan Anda. LATIHAN melatih diri sendiri untuk mampu mengartikan bahasa tubuh anak, harus jadi prioritas utama Anda. Ini Akan memperkuat ikatan kasih sayang Anda.
  2. HINDARI MENGKRITIK BAHASA TUBUH. "Aduh adik, jangan nangis, gitu aja sedih banget mainannya dipinjem Ria". Anak merasa tidak dipahami keinginannya, jika terus polanya seperti ini anak tidak percaya dengan orangtua. Anak sebaiknya diajak mengenali beragam kosakata emosi, seperti sedih, marah, kesal, kecewa, dan sebagainya.
  3. ANDA MELATIH BAHASA TUBUH ANDA SENDIRI. Saat anda tidak senang, gerakan seperti apa untuk mengutarakan perasaan itu. Anda bisa melakukannya dengan melihat cermin, di rekam di video atau foto. Anda lihat, dengar dan rasakan seluruh ekspresi tubuh Anda dan namakan perasaan yang muncul untuk ekspresi itu.
  4. USAHAKAN INTONASI SUARA ANDA SESUAI DENGAN TINDAKAN ANDA. Hal ini akan membuat anak mengerti ekspresi tubuh yang sedang Anda sampaikan.
  5. ANDA HARUS TERBUKA PADA JAWABAN ANAK YANG MUNGKIN MENGEJUTKAN ANDA.
  6. ANDA PERLU FLEKSIBEL, KARENA BAHASA TUBUH YANG SAMA BISA SAJA ARTINYA BERBEDA
Dengan latihan membaca bahasa tubuh, Anda MEMAHAMI anak, mengerti  maunya, keinginannya, serta berusaha menterjemahkan dengan baik maksud apa yang tidak mampu mereka sampaikan secara lisan. Ketika Anda makin terampil dalam memahami bahasa tubuh anak, anak pun akan belajar hal yang sama, ia bisa memahami bahasa tubuh kita dan menyapa kedalaman hati yang Anda rasakan.
Selamat berlatih mengenali bahasa tubuh anak Anda!
Tanti Diniyanti, Psikolog
Parent Education  Center & Klinik Psikologi
RSIA Kemang Medical Care

 

VISI
Kemang Medical Care akan menjadi penyedia layanan kesehatan prima bagi wanita dan anak di Indonesia.

MISI
Kemang Medical Care akan memberikan layanan kesehatan yang holistik bagi wanita dan anak di Indonesia.

RSIA Kemang

Jl. Ampera Raya No.34

Jakarta Selatan 12550

Phone : (+6221) 27545454 / 27545400

Fax : (+6221) 78843548

Email : info@kemangmedicalcare.com

Print