Ibu Hamil Boleh Berpuasa?

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana semua umat Islam diwajibkan berpuasa. Namun ada golongan orang yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa, salah satunya adalah ibu yang sedang hamil. “Boleh gak sih ibu hamil berpuasa?” Jawabannya adalah boleh-boleh saja tergantung kondisi ibu hamil itu sendiri dan sudah berkonsultasi dengan dokter. Apabila ibu kuat, boleh berpuasa namun tetap harus menjaga nutrisi yang dibutuhkan untuk si bayi pada saat sahur dan berbuka puasa. Berikut adalah tips-tips untuk ibu hamil selama berpuasa:

Saat sahur, pilihlah makanan yang mengandung protein, lemak, dan vitamin C dalam jumlah cukup. Lalu makan makanan yang kaya mineral seng (zinc) untuk menjaga vitalitas tubuh. Jangan mengonsumsi makanan manis saat sahur agar tubuh tidak lemas dan cepat merasa lapar akibat insulin shock. Minum air putih dan ditambah dengan segelas susu hangat, karena minum segelas susu setiap sahur bisa mengurangi ancaman anemia bagi ibu hamil.

Saat berpuasa, jalani puasa dengan niat dan ikhlas agar puasa terasa ringan dan membahagiakan meski sedang hamil. Ibu hamil juga harus cukup istirahat. Hindari stres dan buang jauh kebiasaan/dorongan untuk marah. Kurangi porsi aktivitas yang membutuhkan energi ekstra. Segera batalkan puasa jika ibu hamil mengalami:

a) Muntah-muntah lebih dari 3 kali yang dikhawatirkan menyebabkan terjadinya dehidrasi.

b) Mengalami diare yang diikuti rasa mulas dan melilit

c) Mimisan yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah pertanda kondisi tubuh sudah tidak stabil

d) Lemas, pusing diikuti dengan mata yang berkunang-kunang pertanda hipoglikemia dikhawatirkan janin mengalami kekurangan gizi.

e) Mengalami keringat berlebih khususnya keringat dingin pertanda bahwa tubuh bahwa kondisi fisik ibu hamil sudah tidak kuat lagi untuk berpuasa

Saat berbuka, awali berbuka dengan minuman hangat dan manis untuk meningkatkan kadar gula darah. Kemudian, santap makanan yang mengandung karbohidrat simpleks sehingga lebih mudah diserap tubuh, seperti kolak atau  kurma. Makan makanan berat secukupnya saja. Sebelum tidur, untuk memproses produksi ASI, cobalah makan makanan ringan dengan minuman hangat.


Sumber: Tips Berpuasa Selama Hamil. Diperoleh 10 Juni 2016, dari http://bidanku.com/tips-berpuasa-selama-hamil#ixzz4A7x8UFxJ.

photo by: www.sehatmagz.com

 

VISI
Kemang Medical Care akan menjadi penyedia layanan kesehatan prima bagi wanita dan anak di Indonesia.

MISI
Kemang Medical Care akan memberikan layanan kesehatan yang holistik bagi wanita dan anak di Indonesia.

RSIA Kemang

Jl. Ampera Raya No.34

Jakarta Selatan 12550

Phone : (+6221) 27545454 / 27545400

Fax : (+6221) 78843548

Email : info@kemangmedicalcare.com

Print