Ibu Hamil Harus Cek Darah

Tahukan bunda pemeriksaan laboratorium saat kehamilan itu penting untuk mendeteksi kelainan dan gangguan pada janin. Pemeriksaan laboratorium ini dilakukan pada saat kehamilan 10-12 minggu dan dilakukan lagi saat usia kehamilan 28 minggu. Berikut adalah serangkaian pemeriksaan laboratorium yang dilakukan:

1. Hematologi Lengkap, untuk mendeteksi adanya kelainan pada darah dan komponennya, seperti anemia (hemoglobin rendah), kekurangan zat besi, kekurangan asam folat dan thalassemia.

2. Glukosa, untuk mengetahui kadar glukosa (gula) dalam darah.

3. Virus Hepatitis, untuk mendeteksi dini virus hepatitis yang sangat potensial ditularkan kepada janin.

4. Serologi, pemeriksaan marker infeksi VDRL dan TPHA untuk mendeteksi adanya sifilis - jika terinfeksi dapat menyebabkan cacat pada janin. Jika terdeteksi maka segera dilakukan terapi.

5. Anti HIV, untuk mendeteksi adanya infeksi virus HIV yang berpotensi menular pada janin.

6. Urine (Urinalisa), untuk mendeteksi infeksi saluran kemih dan kelainan lain di saluran kemih agar tidak menyebabkan kontraksi dan kelahiran prematur atau ketuban pecah dini.

7. Hormon Kehamilan, tes ini dilakukan pada trimester pertama, yang terdiri dari pemeriksaan laboratorium :
• Hormon bHCG darah, yaitu hormon kehamilan dalam darah untuk mendeteksi kehamilan di trimester awal yang meragukan karena belum tampak pada USG.
• Hormon Progesteron: Hormon yang mensupport kehamilan, untuk mendeteksi apakah hormon ini cukup kadarnya atau perlu suplemen progesteron dari luar.
• Hormon Estradiol: hormon yang mensupport kehamilan, untuk mendeteksi apakah kadarnya normal atau tidak.

8. Virus TORCH, TORCH adalah penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan kelainan bawaan/cacat pada janin. Pemeriksaan TORCH terdiri dari toksoplasma, rubella, CMV dan herpes.

Sumber: Jendela Cito. (Maret, 23 2014). 8 Pemeriksaan Laboratorium yang Penting Selama Kehamilan. Diperoleh 10 Juni 2016, dari http://www.jendelacito.info/2014/03/8-pemeriksaan-laboratorium-yang-penting.html

photo by: www.solusisehatku.com

VISI
Kemang Medical Care akan menjadi penyedia layanan kesehatan prima bagi wanita dan anak di Indonesia.

MISI
Kemang Medical Care akan memberikan layanan kesehatan yang holistik bagi wanita dan anak di Indonesia.

RSIA Kemang

Jl. Ampera Raya No.34

Jakarta Selatan 12550

Phone : (+6221) 27545454 / 27545400

Fax : (+6221) 78843548

Email : info@kemangmedicalcare.com

Print