Inhalasi Pada Anak

Inhalasi berfungsi untuk mencairkan dahak/lendir dari paru-paru dan membuat pernapasan yang terganggu akibat adanya lendir (lendir yang banyak dapat menutupi saluran pernafasan sehingga terjadi sesak atau nafas berat ), atau sedang mengalami sesak napas menjadi kembali normal.

Karena berhubungan dengan pemberian obat ke si sakit dan agar dosis/obat yang di berikan tepat sesuai kebutuhan, maka tindakan inhalasi sebaiknya dengan persetujuan dokter spesialis. Berikut persiapan khusus sebelum melakukan inhalasi pada anak:

  1. Perut tidak boleh penuh, artinya tidak sehabis makan, karena ditakutkan ada efek muntah sehingga menghindari makanan masuk paru-paru di saat muntah.
  2. Selama inhalasi usahakan anak/bayi tidak sedang tidur ( karena dalam keadaan tidur nafasnya teratur dan pelan sekali sehingga obat yang akan masuk kurang maksimal).
  3. Dilakukan saat anak senang, karena penguapan ini pada dasarnya hal yang tidak disukai anak dan membuat anak menangis. Menangis itu wajar dan biarkan selama tidak terlalu banyak berontak, karena dengan menangis anak akan berusaha menarik nafas panjang dan dalam sehingga obat bisa masuk ke paru-paru dengan lebih maksimal.
  4. Setelah di uap baru di tepuk-tepuk pelan (chest fisioterapi,  yaitu suatu tehnik untuk membantu pengeluaran lendir, misalnya clapping/tepukan daerah dada dan punggung, vibrasi, dan postural drainage), olesi dadanya dengan balsam yang aman untuk bayi dan anak.
  5. Selama inhalasi dilakukan boleh memakai masker apabila masker tidak terlalu mengganggu si bayi/anak, tetapi apabila sangat menganggu dan membuat berontak lebih baik di lepas saja.
  6. Apabila dahak banyak sekali dan sudah berada di bagian atas paru-paru/tenggorokan, biasanya selama di inhalasi akan muntah, tetapi bila dahak yang menempel di paru itu lengket maka akan susah keluar, itulah mengapa inhalasi itu tidak cukup sekali di lakukan.


Wiwit Dinar, Klinik Fisioterapi RSIA KMC

VISI
Kemang Medical Care akan menjadi penyedia layanan kesehatan prima bagi wanita dan anak di Indonesia.

MISI
Kemang Medical Care akan memberikan layanan kesehatan yang holistik bagi wanita dan anak di Indonesia.

RSIA Kemang

Jl. Ampera Raya No.34

Jakarta Selatan 12550

Phone : (+6221) 27545454 / 27545400

Fax : (+6221) 78843548

Email : info@kemangmedicalcare.com

Print