SIDS (Sudden Infant Death Syndrome)

SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) adalah sindrom kematian mendadak pada bayi yang segar bugar (biasanya terjadi pada bayi di atas usia 2 minggu sampai dengan 1 tahun) tanpa penyebab yang jelas meskipun dengan pemeriksaan otopsi klinis. Konon penyebabnya adalah gangguan pada kontrol syaraf jantung atau paru-paru/pernafasan. Sebagai pencegahan, perlu perhatian serius pada faktor resiko sebagai berikut:

  1. Pada posisi tidur tengkurap, sebaiknya perhatikan agar bantal atau kasur tidak menekan lambung bayi sehingga tidak menyebabkan bayi sulit bernafas.
  2. Penggunaan bed bayi yang layak, sebaiknya tidak menggunakan tempat tidur bayi yang terlalu lembut sehingga dapat menutup saluran nafas, atau tidak menggunakan jenis water bed. Disarankan tidak terlalu banyak bantal di dalam box bayi, tempat tidur sebaiknya rata dan tidak terlalu bertekstur sehingga bayi mudah bergerak dan mudah diawasi.
  3. Sebaiknya tidak ada perokok di rumah.
  4. Jaga agar ruangan dimana bayi tidur tidak terlalu panas.
  5. Jika bayi masih tidur dengan orang tua atau orang lain, jagalah agar bagian tubuh teman tidur bayi tidak menutup atau menekan saluran nafas bayi.
  6. Seringlah mengawasi posisi tidur bayi.

dr. Indra Sugiarno, SpA

VISI
Kemang Medical Care akan menjadi penyedia layanan kesehatan prima bagi wanita dan anak di Indonesia.

MISI
Kemang Medical Care akan memberikan layanan kesehatan yang holistik bagi wanita dan anak di Indonesia.

RSIA Kemang

Jl. Ampera Raya No.34

Jakarta Selatan 12550

Phone : (+6221) 27545454 / 27545400

Fax : (+6221) 78843548

Email : info@kemangmedicalcare.com

Print