Mencegah Sakit Tulang Belakang (Back Pain)

Sakit tulang belakang (Back Pain) banyak terjadi pada daerah leher (neck pain) dan pada daerah pinggang (low back pain). Tips untuk mencegah terjadinya Back Pain:

  1. Tidurlah menggunakan kasur/springbed yang padat, karena dapat mengurangi cekungan (kurva) tulang pinggang yang berlebihan, serta gunakanlah bantal yang tidak terlalu tinggi.
  2. Jangan membungkuk dengan kedua kaki sejajar saat anda akan mengangkat/mengambil barang di lantai, sebelum anda berjongkok letakkanlah salah satu kaki di depan kemudian baru berjongkok.
  3. Bawalah barang belanjaan, buku-buku dan file kerja anda pada kedua sisi. Sebaiknya menggunakan tas punggung, jika dengan tas menyamping, ubahlah beberapa minggu sekali posisi tas anda.
  4. Duduklah menggunakan kursi yang ergonomis (sesuai struktur tulang belakang) dengan menyandarkan semua punggung dari pundak hingga bokong dengan rileks. Jangan memajukan bokong anda hingga ke tepi kursi ketika anda lelah bekerja.
  5. Jangan duduk terlalu lama, lakukan latihan ringan di kursi kerja anda setiap 1 jam sekali. caranya : Pertama, lentingkan punggung anda ke belakang dengan kedua tangan lurus ke atas. Kedua, putar badan anda ke kiri dan ke kanan sejauh mungkin dengan berpegangan pinggir kursi, dan yang terakhir ulurlah (strech) otot leher anda ke depan, ke samping kanan dan kiri menggunakan tangan anda. Tahan setiap gerakan-gerakan tersebut di atas sebanyak 5-10 hitungan. Lakukan 3-5x pengulangan dari masing-masing gerakan.
  6. Banyaklah minum air putih dan kurangi stress.
  7. Untuk meminimalisir resiko terjadinya back pain, berolahragalah secara teratur 2-3x seminggu dengan durasi minimal 15-20 menit setiap harinya, seperti walking, jogging, biking, swimming dan dancing. Khusus untuk anda yang sudah menderita sakit pinggang olahraga yang terbaik adalah swimming (berenang).
  8. Jika sakit pinggang masih berlanjut, periksalah lebih dalam penyakit anda ke dokter ahli syaraf atau ahli tulang, dan lakukan terapi ke ahli Fisioterapi kepercayaan anda.


Abdul Matin, SSt. FT, Group Sasana Husada, untuk Klinik Fisioterapi RSIA KMC

VISI
Kemang Medical Care akan menjadi penyedia layanan kesehatan prima bagi wanita dan anak di Indonesia.

MISI
Kemang Medical Care akan memberikan layanan kesehatan yang holistik bagi wanita dan anak di Indonesia.

RSIA Kemang

Jl. Ampera Raya No.34

Jakarta Selatan 12550

Phone : (+6221) 27545454 / 27545400

Fax : (+6221) 78843548

Email : info@kemangmedicalcare.com

Print